Latih Siswa Membuat Sushi untuk P4 dalam Kurikulum Merdeka

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sedang disukai oleh anak-anak. Terbuat dari nasi, sayur, dan lauk yang disajikan dengan cara digulung dan diiris tipis.

Kali ini siswa kelas 3 C SD Khadijah 2 Surabaya membuat Sushi untuk  pelajaran P4 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema teknologi pangan. P4 ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka.

“Sushi dipilih karena dirasa lebih mudah jika dibuat oleh anak-anak dan tidak membutuhkan banyak alat dan bahan,” ucap Riris Hadiningtyas, S.Pd guru kelas 3C.

“Sebelumnya sudah sempat kita tawarkan ke anak-anak beberapa makanan, namun banyak dari mereka yang memilih untuk membuat sushi,” ibuhnya.

Riris juga menjelaskan bahwa para siswa membawa alat dan bahan dari rumah, kemudian baru diperaktekkan di sekolah saat pelajaran P4.

Sebelum memulai Riris menjelaskan tata cara pembuatan sushi yang benar. Kemudian diikuti oleh siswa-siswi.

Siswa-siswi tampak antusias dan senang dalam pembuatan sushi, bahkan banyak dari mereka yang berteriak “yess…berhasil,” dan bertepuk tangan, meski tampak kesulitan saat menggulung.

“Ternyata cara membuat sushi tidak semudah yang dilihat hehee, sulitnya itu ketika mau menggulung sushinya,” ucap Rumaysa Faiqa.

Tidak hanya Rumaysa, elena juga mengaku sedikit kesulitan saat hendak menggulaung sushi, karena baru pertama kali membuat sushi di sekolah.

“Tadi kesulitan saat menggulung sushinya, karena baru pertama kali membuat sushi,” ucap Jihan Elenia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *